Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Saturday, April 27, 2013

Pegal Usai Olahraga? Daripada Pijat, Lebih Enak Olahraga Lagi

Jakarta, Pijat usai berolahraga berat sering jadi pilihan bagi yang ingin menghilangkan pegal-pegal. Namun menurut penelitian, ada cara yang lebih efektif dibanding pijat untuk menghilangkan pegal-pegal yakni dengan melakukan olahraga lagi.

"Sudah menjadi keyakinan umum bahwa pijat lebih baik, tetapi nyatanya tidak. Faktanya, pijat dan olahraga punya manfaat yang sama," kata Prof Lars Andersen yang melakukan penelitian tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (15/4/2013).


Dalam penelitian itu, Prof Andersen yang bekerja di National Research Center for the Working Environment di Copenhagen melibatkan 20 partisipan orang dewasa. Para partisipan diminta melakukan olahraga dengan fokus otot bahu, yang juga melibatkan otot sekitar leher.


Pada hari berikutnya, para partisipan diminta kembali ke laboratorium saat mulai merasakan keluhan nyeri otot. Level nyerinya rata-rata berada di angka 5 pada skala 0 sampai 10, atau naik 0,8 poin dibandingkan saat para partisipan belum mulai berolahraga.


Untuk meredakan nyeri tersebut, sebagian partisipan diberi terapi pemijatan di sekitar bahu. Sebagian lagi tidak dipijat, melainkan diminta melakukan olahraga yang sama seperti hari sebelumnya. Sebagian lagi, dipijat di bahu sebelah kiri sementara bahu kanan berolahraga.


Setelah masing-masing menjalani terapi pijat maupun olahraga selama 10 menit, partisipan diminta mengukur skala rasa sakitnya. Pada partisipan yang dipijat, nyeri berkurang 0,7 poin sementara yang melakukan olahraga juga berkurang dan bahkan mencapai 0,8 poin.


Tidak diketahui pasti bagaimana pijat dan olahraga bisa meredakan nyeri sesudah olahraga sebelumnya. Namun diyakini, kedua jenis terapi itu bisa melepaskan byproduct atau produk sampingan metabolisme yakni asam laktat yang berhubungan dengan kerusakan jaringan saat berolahraga.




Sumber Detik




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment