Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Wednesday, April 10, 2013

Anemia bisa jadi tanda awal kanker

Jakarta (ANTARA News) - Anemia atau kekurangan sel darah merah (hemoglobin), bisa jadi merupakan gejala dari penyakit kanker, kata dokter dari Divisi Hematologi-Onkologi Medik FKUI-RSCM, Dr. Nadia Ayu Mulansari SpPD.

"Banyak orang meremehkan anemia namun ini adalah gejala dari satu penyakit yang salah satunya adalah penyakit kanker," kata Nadia dalam jumpa pers edukasi anemia di Jakarta, Rabu.

Nadia mengatakan anemia merupakan indikator awal kanker seperti leukimia, multiple melnoma (kanker sel plasma), serta kanker payudara.

Sel kanker banyak mengkonsumsi sel darah merah, sehingga tubuh kekurangan hemoglobin yang merupakan penyebab anemia.

"Ada pula kanker yang menyebabkan pendarahan organ dalam, seperti kanker usus," jelas Nadia.

Akibat pendarahan tersebut, lambat laun zat besi dalam dalam darah berkurang seiring dengan sel darah merah yang menurun drastis.

Lebih lanjut Nadia mengungkapkan bahwa sel darah merah pada penderita kanker berukuran kecil, serupa dengan sel darah merah pada penderita kekurangan zat besi.

 "Oleh sebab itu, anemia harus ditemukan penyebabnya. Bila tidak ditemukan maka harus dicari penyebab lainnya. Ini penting mengingat anemia adalah gejala satu penyakit," tukas Nadia. 



Sumber Antara



Alat Laboratorium Bandung

No comments:

Post a Comment