Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Friday, April 5, 2013

Gizi Kurang Bisa Dideteksi Sejak Lahir, Bisa Dicegah Sejak Kehamilan

Jakarta, Masalah gizi kurang sering bermula hanya dari kurangnya pengetahuan orang tua tentang gizi. Padahal tanda-tanda gizi kurang bisa dikenali sejak lahir, bahkan sudah bisa dicegah sejak masih dalam kandungan. Bagaimana caranya?

"Paling mudah untuk mengidentifikasi status gizi anak adalah dengan kartu KMS (Kartu Menuju Sehat). Itu yang paling gampang diakses," kata Dr Ray Basrowi, MKK, Head of Nutrition Nestle dalam peluncuran Program Terpadu Intervensi Gizi dan Pemberdayaan Komunitas hasil kerja sama Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Yayasan Carrefour dan PT Nestle, di Balai Sidang Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (26/3/2013).


Grafik yang tercantum dalam kartu tersebut menggambarkan pertumbuhan tinggi dan berat badan anak. Kedua indikator tersebut menurut Dr Ray cukup mewakili asupan nutrisi anak. Jika grafiknya tidak normal, maka status gizi anak terganggu, bisa kelebihan maupun kekurangan.


Bukan hanya pada masa pertumbuhan, status gizi anak juga bisa diamati bahkan sejak baru lahir. Anak yang lahir dengan berat badan kurang dari 2.500 gram, menurut Dr Ray bisa dikatakan punya masalah dengan asupan gizi semasa dalam kehamilan.


Oleh karenanya, intervensi atau penanggulangan juga bisa dilakukan sejak masih dalam kandungan. Pemeriksaan di posyandu bisa mengungkap beberapa indikator yang menunjukkan risiko bayi akan lahir dengan berat badan rendah.


"Berat badan ibunya saat hamil itu menjadi salah satu indikator untuk mendeteksi apakah anak ini nantinya saat hamil memiliki berat badan rendah," kata drg Khairati, MKes, kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Selatan yang juga hadir menjadi pembicara dalam acara tersebut.




Sumber Detik




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment