Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Sunday, April 7, 2013

Menkes risaukan naiknya angka kematian ibu melahirkan

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi (ANTARA)

Ini cukup mengkhawatirkan. Saya ingatkan petugas kesehatan, bayangkan itu ibu kita yang meninggal saat melahirkan.
Balikpapan (ANTARA News) - Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi merisaukan naiknya angka kematian ibu melahirkan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang mencapai 106 kematian per 1.000 ibu melahirkan pada awal 2013.

"Kami risau melihat angka itu," cetus Menteri Mboi saat meresmikan bangunan baru Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo, Jalan MT Haryono, Balikpapan, Jumat (22/3).

Angka itu meningkat dari 90 kematian per 1.000 ibu melahirkan pada 2010. Angka tersebut juga menjadikan Kaltim ada di peringkat ke-5 tertinggi kematian ibu melahirkan secara nasional.

"Ini cukup mengkhawatirkan. Saya ingatkan petugas kesehatan, bayangkan itu ibu kita yang meninggal saat melahirkan," lanjutnya.

Kementerian Kesehatan menargetkan angka kematian ibu melahirkan itu tidak lebih dari 2,1 per 100 kelahiran di 2014 mendatang. Saat ini rata-rata nasional mencapai 2,6 kematian per 100 kelahiran.

Karena itu, menurut Menteri Kesehatan, walaupun Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan anggaran yang besar, memiliki gedung rumah sakit yang bagus dengan cukup fasilitas namun bila para tenaga kesehatan belum dapat menurunkan angka kematian ibu melahirkan itu berarti belum memenuhi kewajiban sebagai tenaga kesehatan yang baik.

Menkes Mboi juga menjelaskan penyebab tingginya angka kematian ibu melahirkan tersebut, yaitu usia ibu saat hamil masih terlalu muda, yaitu masih belasan tahun, lalu ibu yang hamil pada usia di atas 30 tahun, kemudian ibu melahirkan terlalu rapat (biasanya dua kelahiran dalam jarak 12 bulan atau setahun).

Oleh sebab itu, katanya, program Keluarga Berencana kembali menjadi hal penting. Suami dan istri bersepakat mengatur jarak kelahiran anak-anak mereka agar semuanya optimal dan selamat.



Sumber Antara



Alat Laboratorium Bandung

No comments:

Post a Comment