Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Saturday, April 6, 2013

Ini Bedanya Pria dan Wanita dalam Menanggapi Penyakit Tertentu

Jakarta, Seorang wanita mungkin memerlukan pengobatan yang berbeda dengan pria untuk penyakit tertentu, begitu juga sebaliknya. Sebuah studi menemukan bahwa ada pria dan wanita memiliki perbedaan dalam menanggapi penyakit tertentu.

Studi tersebut dilakukan oleh ilmuwan di Padua Hospital peneliti University yang menyatakan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian yang berfokus pada gender dalam mencegah dan mengobati penyakit. Selama beberapa dekade pria telah menjadi target utama penelitian yang berkaitan dengan penyakit kronis.


Hasil studi tersebut dipublikasikan dalam jurnal Clinical Chemistry and Laboratory Medicine (CCLM), peneliti menunjukkan penelitian medis selama 40 tahun terakhir yang telah difokuskan terutama pada pria. Kemudian peneliti menargetkan 5 hal bagaimana pria dan wanita memiliki perbedaan dalam menanggapi penyakit.


Berikut perbedaan antara pria dan wanita dalam menanggapi penyakit tertentu, seperti dilansir Emaxhealth, Selasa (26/3/2013) antara lain:


1. Penyakit jantung
Penyakit jantung umumnya dianggap lebih banyak menyerang pria dibanding wanita. Akan tetapi, peneliti menyatakan bahwa wanita memiliki gejala penyakit jantung yang berbeda dan gejala tersebut sering gagal dideteksi dengan tes yang sama pada pria.


Serangan jantung pada pria dapat ditandai dengan nyeri dada yang khas menjalar ke lengan kiri, sedangkan pada wanita dapat ditandai dengan mual dan nyeri perut bagian bawah. Karena gejala yang tidak spesifik ini, wanita tidak dapat menerima prosedur EKG, laboratorium atau tes diagnostik lain.


2. Kanker usus besar
Risiko kanker usus besar pada wanita lebih besar dibandingkan dengan pria. Namun kanker usus besar adalah jenis kanker kedua yang paling umum terjadi baik pada pria maupun wanita. Pada wanita, tumor kanker usus muncul di lokasi yang berbeda dibanding pria dan respon wanita terhadap kemoterapi juga berbeda.


3. Penyakit hati
Penyakit hati, seperti primary biliary cirrhosis dan hepatitis C pada pria berbeda dengan wanita karena disebabkan oleh perbedaan kadar hormon dan gen diantara keduanya. Para peneliti menyatakan bahwa wanita lebih sering didiagnosis dengan sirosis bilier dibandingkan pria.


4. Osteoporosis
Pria bisa mendapatkan osteoporosis, seperti wanita, tetapi risikonya tidak sama besar dengan wanita. Pria juga berisiko tinggi terhadap patah tulang ketika dirinya kehilangan massa tulang, yang biasanya hal ini hanya dikaitkan dengan wanita setelah menopause.


Meski osteoporosis lebih banyak didiagnosis pada wanita, tetapi data menunjukkan bahwa pria memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi terhadap patah tulang di usia tua.


5. Respon terhadap obat
Pria dan wanita tidak merespons obat dengan cara yang sama. Aspirin dan obat farmakologis lainnya memiliki efek samping yang berbeda terhadap jenis kelamin, status hormonal, tipe tubuh dan metabolisme.




Sumber Detik




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment