Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Tuesday, April 2, 2013

Karang gigi membahayakan ibu hamil

Jakarta (ANTARA News) - Orang sering menganggap sepele karang gigi, padahal kotoran gigi yang berkarang bisa membahayakan ibu hamil, kata ketua PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Zaura Rini.

"Pada ibu hamil karang gigi bisa sebabkan radang gusi, karena sistem imunitasnya yang menurun. Ini yang memicu bahaya-bahaya lain," kata Rini pada jumpa pers hari kesehatan gigi sedunia di Jakarta, Jumat.

Rini mengungkapkan, radang gusi akibat karang gigi bisa menimbulkan pendarahan pada gusi secara terus menerus sehingga ibu hamil berisiko tinggi mengalami anemia.

Selain anemia, kelahiran prematur atau abortus (keguguran) juga bisa terjadi akibat radang gusi yang kemudian menjadi infeksi.

"Sistem kekebalan tubuh akan berfokus di area yang terinfeksi untuk mengembalikan kondisi menjadi normal. Ini yang membuat banyak sel darah putih mengalir ke area terinfeksi," sambung Tengku Bahdar Johan, dokter spesialis penyakit dalam dari RS Premier Bintaro.

Bahdar mengungkapkansel darah putih yang bekerja itu akan mengeluarkan zat bernama prostaglandin yang akan membunuh bakteri penyebab infeksi.

"Prostaglandin inilah yang memicu terjadinya kontraksi. Pada ibu hamil di semester pertama, bisa memicu keguguran. Sementara pada ibu dengan usia kehamilan mencapai trisemester pertama, bisa memicu kelahiran prematur," tukas Bahdar.



Sumber Antara



Alat Laboratorium Bandung

No comments:

Post a Comment