Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Friday, July 26, 2013

10 Penyebab Bau Tak Sedap di Tubuh Manusia

Jakarta, Setiap bagian tubuh manusia bisa mengeluarkan bau tidak sedap, mulai dari mulut, ketiak maupun seluruh tubuh. Ada banyak penyebab bau itu muncul, mulai dari penyakit, pola makan hingga efek samping obat-obatan.

Seperti dikutip dari Healthyliving MSN, Selasa (15/7/2013), berikut ini beberapa penyebab bau badan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Penyakit gusi
Priodontitis adalah penyakit gusi yang disebabkan oleh plak atau karang gigi, yang memicu pertumbuhan kuman di rongga mulut. "Bakteri dalam kondisi ini menghasilkan senyawa sulfur yang menyebabkan bau mulut tidak sedap," kata Richard Downs, seorang dokter gigi dari Dubuque, Iowa.

2. Diet rentah karbohidrat
Belakangan, banyak orang mengurangi konsumsi karbohidrat dengan berbagai alasan termasuk menurunkan berat badan. Pola makan yang seperti ini memicu bau mulut, badan dan urine, karena dalam kondisi lapar perut mengalami ketosis, yakni pembakaran kalori dari senyawa keton.

3. Efek samping obat
Obat-obat antidepresan dan beberapa jenis obat lain bisa memicu keringat berlebih. Makin banyak berkeringat, makin besar kemungkinan munculnya bau badan.

4. Kerak di lidah
Plak atau kerak tidak hanya muncul di gusi atau di gigi, tetapi juga di lidah. "Jika plak sudah cukup tebal, bakteri akan melepaskan senyawa sulfur yang mudah menguap," kata Downs.

5. Kurang makan sayur
Sayuran, khususnya yang berwarna hijau mengandung klorofil. Di tubuh manusia, klorofil bisa berfungsi sebagai deodoran atau penghilang bau badan. Hal itu terungkap dalam sebuah penelitian di Oregon State University.

6. Terlalu banyak makan daging
"Orang yang diet vegan berbasis tanaman kerap merasa pemakan daging punya bau tidak enak," kata Brenda Davis, seorang pakar gizi dari Kanada. Pendapat itu didukung hasil penleitian tahun 2006 di jurnal Chemical Senses, yang membuktikan bahwa ketiak pemakan daging lebih bau dibanding ketiak vegetarian.

7. Alkohol
Konsumsi alkohol dalam takaran sedang biasanya tidak menyebabkan masalah. Namun jika berlebihan, bau mulut terkadang muncul keesokan harinya. Hal yang sama juga terjadi pada orang yang merokok, karena rokok dan alkohol menyebabkan mulut kering.

8. Penyakit ginjal, gagal hati dan penyakit lain
Hati dan ginjal merupakan 2 organ penting dalam proses detoksifikasi. Jika keduanya tidak berfungsi dengan baik, maka pengeluaran racun akan terhambat. Dampaknya antara lain adalah bau badan akibat pembentukan senyawa-senyawa mudah menguap dari racun tersebut.

9. Keju, susu dan sejenisnya
Seseorang yang memiliki intoleransi laktosa akan mudah kembung setelah mengonsumsi produk-produk berbahan susu. Bagi yang mengalaminya, disarankan untuk beralih ke susu kedelai, keju dari kacang-kacangan dan alternatif lainnya.

10. Bawang merah dan bawang putih
Meski banyak manfaatnya, bawang putih dan bawang merah juga dikenal sebagai penyebab bau mulut maupun bau badan terutama jika dimakan mentah. Padahal jika dimasak, kandungan nutrisinya berkurang. "Anda masih mengeluarkan bau bawang hingga 48 jam. SelamA itu pula, Anda akan dikelilingi bau mulut yang sering dipersepsikan sebagai bau badan," kata para ahli gizi dari Monell Chemical Senses Center.

(up/vta)



Sumber Detik



Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment