Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Wednesday, March 27, 2013

Menyusui di Kala Hamil Aman, Asalkan..

Halo Ibu Alfi Soraya. Terima kasih atas pertanyaannya ibu. Sebelumnya, selamat atas kehamilan kedua ibu, semoga selalu diberi kelancaran, amin. Baik, saya akan coba jawab ya.

Menyusui di kala hamil merupakan prosedur yang aman. Syaratnya, ibu banyak makan makanan yang bernutrisi seimbang, istirahat yang cukup (berhenti sebelum merasa capek), dan rileks (tidak khawatir/ panik/ gelisah/ stress)

Ketika menyusui di kala hamil, ibu mungkin merasakan kontraksi. Perlu diperhatikan kontraksi ini bukanlah kontraksi seperti ingin melahirkan, namun, terasa kencang di perut bagian bawah/area rahim. Hal ini disebabkan karena hormon oksitoksin bekerja, hormon yang mengalirkan ASI, sekaligus hormon yang merangsang kehamilan.  Sebagian besar, kontraksi seperti ini tidaklah berisiko untuk janin, keguguran, ataupun persalinan prematur.

Namun sebaliknya, jika ibu memiliki riwayat sulit hamil, riwayat bersalin lebih awal dari jadwal, dan riwayat keguguran, ibu dapat mempertimbangkan untuk menyapih si kakak.

Sekali lagi, untuk meyakinkan, jika ibu hamil normal dan sehat, maka tidak ada alasan fisik atau medis untuk tidak menyusui dikala hamil. Namun perlu diperhatikan, jika kontraksi dan/atau flek berlangsung secara kontinyu, disarankan untuk konsultasi ke dokter kandungan.

Perlu diketahui pula bahwa, menyusui membuat ibu tenang. Ketenangan dan istirahat ekstra sangat diperlukan bagi ibu dengan kondisi menyusui dikala hamil. Menyusuilah si kakak dengan posisi berbaring, biasanya kedua ibu dan anak sama-sama bisa tertidur.

Ohya, selama menyusui dikala hamil, posisikan si kakak yang sedang menyusu dengan posisi yang aman dan nyaman (tidak menendang area perut ibu, tidak banyak bergerak, dll). Dapat juga, meminta si kakak menyusu lebih sebentar, dan lebih mengarahkan untuk makan. Tidak lupa juga untuk memonitor kenaikan BB si kakak selama dia menyusu dikala ibu hamil ya. Pastikan dia dapat cukup makan.

Seperti itu penjelasan dari saya ibu, semoga baik kehamilan maupun menyusui-nya berlangsung lancar.

Salam Menyusui,



Sumber Kompas



Alat Laboratorium

No comments:

Post a Comment