Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Sunday, March 24, 2013

IDI dukung uji klinis produk herbal

Ilustrasi (ANTARA News/Lukisatrio)

Saya setuju untuk itu. Potensi herbal Indonesia sangat besar untuk dikembangkan dengan cara yang baik dan benar melalui penelitian dan uji klinis,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Penasehat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Prof dr Zubairi Djoerban mengatakan sangat mendukung penelitian dan uji klinis produk-produk herbal untuk digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit.

"Saya setuju untuk itu. Potensi herbal Indonesia sangat besar untuk dikembangkan dengan cara yang baik dan benar melalui penelitian dan uji klinis," kata Zubairi Djoerban di Jakarta, Senin.

Zubairi mengatakan selama ini banyak yang berdalih penelitian dan uji klinis untuk produk herbal memerlukan biaya yang mahal. Namun, dia mengatakan Indonesia sebenarnya memiliki biaya untuk penelitian asal mau memprioritaskan.

Menurut dia, banyak anggaran yang nilainya triliunan rupiah yang dialokasikan untuk hal-hal lain, tetapi sangat sedikit yang dialokasikan untuk penelitian dan uji klinis produk-produk herbal.

"Hal itu sebenarnya sangat menguntungkan. Masyarakat kedokteran pasti akan mendukung produk herbal apabila sudah terbukti melalui penelitian dan uji klinis," tuturnya.

Ia mengatakan Indonesia memiliki banyak potensi tanaman herbal. Perlu kesepakatan antardokter terlebih dahulu sebelum masyarakat kedokteran menggunakan produk herbal.

Tantang produsen

Sebaliknya, Zubairi menantang produsen jamu dan produk herbal lainnya untuk berani mengajukan produknya untuk diteliti dan diuji klinis bila mengklaim produknya mampu mengobati berbagai penyakit.

"Obat yang harus memenuhi dua unsur, yaitu aman dan efektif. Obat yang dijual bebas harus terbukti aman melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan. Untuk obat yang khusus dijual di apotek, selain aman juga harus terbukti efektif mengobati penyakit," katanya.

Namun, khusus untuk jamu yang merupakan warisan nenek moyang dan terbukti sejak ratusan tahun lalu, Zubairi mengatakan tidak keberatan dikonsumsi masyarakat sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit.

"Beras kencur, cabe puyang, madu, daun pepaya dan daun singkong tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan. Tetapi kalau untuk mengobati, tipus misalnya, itu hal yang omong kosong," tuturnya.



Sumber Antara



Alat Laboratorium Bandung

No comments:

Post a Comment