Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Wednesday, August 28, 2013

Studi: buah mungkin melindungi orang dari aneurisma

Washington (ANTARA News) - Mengkonsumsi lebih banyak buah mungkin menurunkan resiko orang terserang kondisi pembuluh darah berbahaya yang dikenal sebagai abdominal aortic aneurysm, demikian satu studi Swedia yang disiarkan pada Senin (19/8).

Abdominal aortic aneurysm adalah pembengkakan bagian bawah aorta, pembuluh darah utama yang memasok tubuh. Kondisi itu langka, tapi bisa mematikan. Orang yang berusia lanjut, terutama mereka yang merokok, menghadapi resiko lebih tinggi.


Pemeriksaan ultrasound, yang menggunakan gelombang suara untuk mengambil gambar susunan di dalam tubuh, dapat dengan mudah mendeteksi kondisi tersebut.


Di dalam studi mereka, para peneliti dari Karolinska Institutet --yang berpusat di Stockholm-- membagi lebih dari 80.000 orang yang berusia 46 sampai 84 tahun ke dalam empat kelompok dengan jumlah yang sama berdasarkan berapa banyak buah dan sayuran yang mereka laporkan mereka konsumsi.


Dalam waktu 13 tahun, catatan rumah sakit dan kematian memperlihatkan 1.086 orang terserang abdominal aortic anerysm, termasuk 222 yang penyakit gondok nadi (aneurisma) mereka kambuh. Lebih dari 80 persen aneurisma dan kambuhan terjadi pada pria.


Para peneliti mendapati orang yang melaporkan mengkonsumsi lebih dari dua porsi buah setiap hari memiliki resiko 25 persen lebih rendah untuk terserang abdominal aortic aneurysm dan 43 persen lebih rendah untuk mengalami kambuhan penyakit gondok nadi dibandingkan dengan orang yang memakan paling sedikit buah.


Dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah, orang yang mengkonsumsi dua porsi buah per hari memiliki resiko 31 persen lebih kecil untuk terserang aneurima dan 39 persen lebih rendah untuk mengalami aneurisma kambuhan, kata mereka sebagaimana dilaporkan Xinhua, Selasa.


Para peneliti tersebut mendukung tingginya kandungan anti-oksidan pada buah mungkin melindungi orang dari abdominal aortic aneurysm dengan mencegah tekanan oksidatif, yang bisa mendorong peradangan.


"Mengkonsumsi banyak buah mungkin membantu mencegah banyak penyakit pembuluh darah, dan studi kami menunjukkan resiko lebih rendah terhadap abdominal aortic aneurysm akan termasuk di antara manfaat itu," kata Otto Stackelberg dari Karolinska Instituet, penulis utama studi tersebut, yang disiarkan di jurnal American Heart Association, Circulation.


Namun para peneliti itu tak menemukan hubungan dengan sayuran, yang juga kaya akan anti-oksidan. Sayuran kurang beberapa jenis anti-oksidan yang terkandung di dalam buah dan mungkin membantu menjelaskan temuan buah berbanding sayuran, kata Stackelberg.


"Sayuran tetap penting buat kesehatan. Studi lain telah mendapati mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran mungkin menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes type 2, tekanan darah tinggi, dan beberapa kanker," kata Stackelberg.


Di dalam studi tersebut, kebanyakan orang memakan apel dan buah pir, lalu diikuti oleh mengkonsumsi pisang, jeruk dan sitrus.


American Heart Association menyarankan rata-rata orang dewasa makan empat sampai lima porsi buah dan sayuran.


Orang yang tidak merokok juga perlu makan buah untuk mencegah abdominal aortic aneurysm. "Jangan pernah mulai merokok; dan jika anda sudah merokok, berhenti hari ini. Tak pernah ada kata terlambat," kata Stackelberg.


 


Sumber Antara




Alat Laboratorium Bandung

No comments:

Post a Comment