Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Saturday, August 24, 2013

Gaya hidup tak sehat ancam Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - Pelaksana Harian Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan M Nasir mengatakan masyarakat Indonesia mulai mengarah kepada gaya hidup tidak sehat, sehingga harus meningkatkan gaya hidup sehat."Kita harus memerhatikan apakah makanan yang dikonsumsi memiliki gizi yang seimbang dan berkualitas atau tidak?" kata Nasir di Jakarta, Selasa,


Menurut Nasir, kecenderungan masyarakat Indonesia mulai mengarah kepada gaya hidup tidak sehat yang terlihat dari data konsumsi lemak mencapai 116 persen berbanding terbalik dengan konsumsi kacang-kacangan, sayuran, dan buah yang masih rendah.Sedangkan di sisi lain aktivitas fisik, masih rendah hanya 84,9 persen, sehingga terjadi berbagai kasus obesitas dan munculnya penyakit degeneratif pada usia produktif seperti hipertensi, jantung, diabetes dan sebagainya, kata Nasir.


Sementara, anggota bidang Kemitraan Dewan Pengurus Pusat Persatuan Ahli Gizi Marudut Sitompul mengatakan kelebihan gizi juga dapat mengakibatkan kematian.


Marudut mengatakan, kemampuan metabolisme seseorang berbeda-beda sehingga perlu mengukur diri sendiri dalam mengonsumsi makanan, dan kelebihan makanan dapat mengganggu proses metabolisme yang seharusnya bisa diubah menjadi energi."Kondisi demikian pada akhirnya menimbulkan berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, bahkan dapat menimbulkan radikal bebas yang mengganggu pertumbuhan sel," jelas Marudut.


Tekanan atau stres dalam pekerjaan juga dapat menjadi memicu gangguan metabolisma dalam tubuh sehingga muncul berbagai penyakit tersebut, sedangkan obesitas menjadi persoalan masyarakat perkotaan akibat pola makan salah dan kurangnya aktivitas. Karena itu perlu disiplin dari diri sendiri untuk menjaga konsumsi makanan dan minuman, kata Marudut.


Sedangkan ahli kesehatan Lia Listiawaty mengatakan, masyarakat yang telanjur mengalami obesitas dapat menurunkan berat sampai tinggal ideal secara aman, dengan mengonsumi nutrisi yang cukup."Kita harus dapat mengukur kalori yang dikeluarkan dalam beraktivitas dengan kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kalau kelebihan atau kekurangan akan berdampak buruk bagi tubuh," ujar dia.Editor: Jafar M Sidik




Sumber Antara




Alat Laboratorium Bandung

No comments:

Post a Comment